Peternak sering dirugikan dalam proses menjualan dan membeli ternak karena tidak dapat memperkirakan nilai ternak dengan tepat. Pedagang perantara biasanya menentukan harga hanya dengan melihat besar ternaknya. Perlu dikembangkan  cara pendugaan berat badan sapi untuk dapat membantu peternak memperkirakan berat ternaknya dengan tingkat ketepatan yang tinggi selain dapat memperbaiki posisi tawar petani dalam menjual ternak juga membantu petani memonitor pertumbuhan ternaknya.

Cara mengukur lingkar dada menggunakan pita ukur atau meteran dalam satuan sentimeter (cm), perkiraan berat badan pada table menggunakan satuan kilogram (kg)

  1. Keuntungan mengetahui perkiraan berat badan ternak :
  2. Peternak dapat menduga berat badan sapi dan nilai ternak dapat diperkirakan dengan mudah dan tepat
  3. Pertumbuhan ternak dapat dimonitor
  4. Peternak dapat merencanakan pemberian pakan

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengukuran lingkar dada agar diperoleh    ketepatan pandugaan yaitu :

  1. Lingkarkan pita ukur lurus dari dasar dada keatas kearah gumba
  2. Rapatkan pita ukur kearah tubuh dan tarik dengan kekencangan sedang
  3. Catat angka lingkar dada yang diperoleh

Dengan menerapkan penggunaan vita ukur dalam menduga perkiraan berat sapi peternak akan dapat lebih mengetahui perkiraan berat badan sapi yang dimiliki sehingga baik dalam penjualan maupun untuk penambahan berat badan dapat dipahami sehingga tidak akan terjadi lagi sepekulasi harga ditingkat peternak/petani selain dari itu kebutuhan pakan dapat pula diketahui sehingga untuk mencapai sasaran berat badan dapat ditarget dengan menyusun ransum sesuai dengan kebutuhan.

Penulis: SYK (fungsional Kabupaten)

sumber : http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/84750/Pendugaan-Berat-Badan-Sapi-Bali-Dengan-Menggunakan-Pita-Ukur-meteran/

One Thought on “Cara Menggunakan Pita Ukur Ternak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

53  +    =  63